8 Kota Besar Dunia Yang Terancam Tenggelam

8 kota besar dunia yang terancam tenggelam - Mencairnya es di kutub utara akibat dari pemanasan global makin lama makin memprihatinkan. tiap tahunnya permukaan laut naik 1-3 mm. jika kejadian ini tidak segera diantisipasi, naiknya permukaan laut sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di darat. terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang lebih rendah dari permukaan air laut.
8 Kota Besar Dunia Yang Terancam Tenggelam
Kota tenggelam

Kota Besar tenggelam

Telah banyak sumber yang mengatakan banyak kota besar di dunia yang akan terancam tenggelam akibat naiknya permukaan air laut. saya akan memberikan 8 kota besar dunia terancam tenggelam di kutip dari berbagai sumber berikut ini :

1. Jakarta ( Indonesia )

Banyak hal mengapa jakarta menjadi salah satu dari 8 kota besar dunia yang terancam tenggelam, selain letak geografis kota jakarta yang berada di bawah permukaan air laut. masalah lainnya adalah populasi penduduk yang terus meningkat menjadi salah satu alasan utama kebutuhan akan air dan tanah. Di prediksi 20 tahun ke depan jumlah penduduk kota jakarta mencapai 40 juta jiwa.

Pada penghujung abad 21 di prediksi jakarta akan mengalami penurunan daratan sedalam 5-6 meter. Hal ini di ungkapkan oleh pakar Hidrologi asal belanda yang bernama Janjaap Brinkman. Hal ini di akibatkan oleh proses penyedotan air tanah terus-menerus.

2. Shanghai (China)

Dahulunya shanghai adalah tempat yang dikelilingi rawa, kebutuhan akan tempat tinggal dan jumlah penduduk yang membengkak membuat bangunan pencakar langit makin banyak di daerah tersebut. Tidak heran tiap tahunnya permukaan tanah di shanghai turun sekitar 2,4 meter dalam kurun waktu tahun 1921 hingga 1965.

3. Venesia (Italias)

Pada tahun 2012 kota ini terendam banjir parah. fenomena ini hadir karena gabungan hujan lebat serta angin dari selatan. Setidakna sekitar 70 % daratan di kota kanal ini terendam hingga 1,5 meter di atas normal. Christian Science Monitor bahkan mencatat tanah kota ini mengalami penurunan permukaan sedalam 30 cm selama 100 tahun terakhir. Naiknya laut mediterania sabagai salah satu faktor kemungkinan kota kanal ini tenggelam.

4. Ho Chi Minh City (saigon) Vietnam

Setiap tahunnya kota ini mengalami kenaikan banjir setinggi 2 cm. itu adalah salah satu faktor perhitungan mengapa kota besar ini menjadi salah satu kota yang mungkin akan tenggelam.

5. New York (Amerika Serikat)

Kota besar yang super power ini pun terindikasi tenggelam akibat permukaan air laut yang meninggi.  Letak yang berada pada mulut sungai Hudson yang terhubung langsung dengan samudera Atlantik adalah juga pemicunya. Menurut Science Daily air laut di kota ini naik dua kali lipat di banding tempat lainnya, selain itu juga dampak erosi, penurunan kualitas tanah serta perusakan lingkungan adalah andil besar dalam masalah ini.

6. Bangkok (Thailand)

Pada tahun 2100 Bangkok akan menjadi Atlantis kedua, itu adalah pernyataan dari Smith Dharmasaroja kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand. hal ini menurutnya disebabkan oleh Perubahan akibat rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi, serta menurunnya kualitas tanah.

7. Mumbai (India)

Sama dengan bangkok, mumbai juga di prediksi tahun 2100 akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut hingga 5 meter menyebabkan masyarakat kota ini terancam kelangsungnnya.

8. Meksiko City (Meksiko)

Kota satu ini pada tiap tahunnya tenggelam sedalam 20 cm akibat banjir. letaknya dilembah dan sistem drainase yang buruk membuat meksiko city terancam tenggelam.

Semua kota besar di atas terancam tenggelam akibat permukaan air yang naik, yang mana ini akibat mencairnya es di kutub utara yang disebabkan pemanasan global. Sebelum terlambat ubahlah cara kita hidup dan perlakukan bumi dengan semestinya. Mari kita sama-sama menjaga bumi dan peduli kepada lingkungan.

Terima kasih atas kunjungannya di artikel  8 kota besar dunia yang terancam tenggelam semoga memberikan banyak manfaat bagi anda.

0 Response to "8 Kota Besar Dunia Yang Terancam Tenggelam"

Post a Comment

about